Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Daftar Gmail Baru 2021 Tanpa Nomor HP

Buat Akun Gmail Tanpa No HP

Gmail adalah salah satu layanan milik Google yang bisa kita akses menggunakan akun Google. Ketika kita memiliki akun Google, kita bisa mengakses berbagai layanan gratis dari Google seperti Gmail, YouTube, Drive, Play Store

Kini mendaftar akun Google bisa dari mana saja. Dengan modal hp dan internet, kita bisa dengan mudah membuat akun Google.

Apakah Wajib Menggunakan Nomor HP?

Secara default, mendaftar akun Gmail tidak membutuhkan nomor HP. Baik mendaftar melalui browser PC ataupun aplikasi Gmail Android, sama saja. Tapi tentu saja terkadang Google akan tetap meminta kita verifikasi no hp, penyebabnya beragam, seperti terlalu banyak membuat email dalam satu hari, mendaftar menggunakan jaringan internet yang tidak aman, dan masih banyak lagi. Yuk kita simak cara buat akun Gmail dan eksperimen saya mencoba melewati proses verifikasi nomor hp.

Langkah-langkah Daftar Gmail

Berikut ini adalah cara membuat akun Google baik melalui hp ataupun laptop. Dengan akun Google, Anda bisa mengakses berbagai layanan, salah satunya adalah email Gmail.

Buat Akun Gmail Tanpa No HP:
  1. Buka halaman "Setelan" / "Settings" di hp Android.
  2. Masuk ke menu "Akun" atau menu "Sinkron".
  3. Untuk Buat akun Gmail baru, pilih "Tambahkan Akun".
  4. Pilih "Google".
  5. Pilih "Buat akun" > pilih "Untuk diri sendiri".
  6. Masukkan nama Anda.
  7. Masukkan info tanggal lahir Anda.
  8. Pilih alamat email yang Anda inginkan.
  9. Buat kata sandi untuk mengamankan akun.
  10. Pada halaman "Tambahkan nomor telepon", geser layar ke bawah, pilih "Lewati".
  11. Tinjau akun Anda, catat alamat email dan sandi di buku agar tidak lupa.
  12. Pada halaman "Privasi", geser layar ke bawah, pilih "Saya setuju".
Membuat Akun Gmail Tanpa Nomor Telepon di PC:
  1. Buka situs buat akun Google untuk mendaftarkan Gmail baru.
  2. Masukkan nama depan dan belakang pada kolom yang tersedia.
  3. Masukkan alamat email pada kolom "Nama pengguna". Jika tidak tersedia, kombinasikan alamat email dengan angka unik, baca tipsnya di artikel "contoh alamat email yang benar".
  4. Masukkan sandi untuk mengamankan akun Anda, pilih sandi yang susah ditebak. kedua kolom harus diisi dengan sandi yang sama. Catat sandi anda di buku agar tidak lupa nantinya.
  5. Jika semua data sudah benar dan disetujui Google (tidak ada peringatan teks merah), klik tombol "Berikutnya".
  6. Jika muncul halaman yang mengharuskan verifikasi nomor telepon, berarti ada yang salah dengan perangkat Anda. Bisa jadi Anda sudah terlalu banyak membuat akun Google di hari itu, bisa juga Anda sedang tersambung dengan jaringan internet yang mencurigakan. Baca pada bagian eksperimen pribadi dan kesimpulan di bagian bawah artikel.
  7. Anda bisa membiarkan kosong kolom seperti gambar di bawah.
    kolom telepon dan email pemulihan
  8. Masukkan info tanggal lahir Anda pada kolom tanggal, bulan dan tahun.
  9. Pilih gender anda pada menu dropdown dengan judul "Gender".
  10. Jika semua data sudah benar, klik tombol "Berikutnya".
  11. Selanjutnya akan muncul halaman persyaratan. Baca persyaratan dari Google, scroll layar ke bawah, kemudian pilih "Saya setuju".

Eksperimen Pribadi

  • Saya sukses melakukan registrasi Gmail sebanyak 2x di komputer tanpa mendapatkan permintaan no hp dari Google. Tapi pada percobaan ke-3, Google meminta proses verifikasi hp untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  • Saya coba mendaftar melalui mode incognito Chrome, tetapi tidak berhasil, Google tetap meminta proses verifikasi.
  • Menggunakan VPN juga sama saja, proses verifikasi telepon harus tetap dilakukan di pendaftaran ke-3.
  • Kemudian saya mencoba mendaftar akun Gmail melalui aplikasi Gmail di ponsel Android dengan menggunakan jaringan Wi-Fi yang sama, ternyata pendaftaran akun Gmail berhasil tanpa memerlukan proses verifikasi.
  • Berbekal dari kesuksesan mendaftar di ponsel Android, saya terfikirkan untuk mencoba mendaftar di emulator Nox. Tetapi gagal, Google kembali meminta proses verifikasi telepon. Padahal ketika saya coba lagi di ponsel sebelumnya, proses pendaftaran masih tetap berhasil tanpa harus verifikasi no hp.
  • Percobaan terakhir saya adalah mendaftar akun Gmail menggunakan email yang sudah ada. Pada percobaan ini, saya menggunakan email dari outlook (Microsoft). Hasilnya nihil, Google tetap meminta no hp untuk verifikasi diri.

Tips jika Google Meminta No HP

  • Restart WiFi, restart komputer, kemudian coba daftar lagi.
  • Coba daftar dengan perangkat lain (hp lain, laptop lain).
  • Coba ganti sambungan internet.
  • Jika Anda membutuhkan akun gmail dengan segera, Anda bisa meminjam HP milik saudara atau teman untuk mendaftar, kemudian Anda bisa melogout akun Gmail yang baru dibuat dan login ke ponsel milik Anda sendiri.

Kesimpulan

  • selama Anda mendaftar menggunakan perangkat yang nyata, seperti hp atau laptop pribadi Anda, proses pendaftaran akan berjalan lancar tanpa harus memasukkan no hp.
  • Mendaftarkan terlalu banyak akun dalam waktu yang berdekatan mengakibatkan Google memintai verifikasi no hp.
  • Google melakukan proses tersebut tentunya untuk tetap menjaga kualitas layanan. Karena jika tidak ada verifikasi dan user bebas buat akun sebanyak-banyaknya, kualitas layanan akan sangat menurun karena akan banyak sekali email-email spam yang bebas dibuat setiap harinya.
  • Saya sudah mencoba banyak tips yang ada di blog orang lain, semuanya sama, tidak bekerja. Sistem keamanan Google tidak akan bisa diakali oleh sembarang orang, jadi jangan buang-buang waktu Anda untuk mencari trik Membuat Akun Gmail Tanpa Nomor Telepon.

Posting Komentar untuk "Panduan Daftar Gmail Baru 2021 Tanpa Nomor HP"